Minggu, 02 Mei 2010

Diriwayatkan dari anas r.a dia berkata bahwasannya Rasulullah saw bersabda,"bukanlah orang yang baik, orang yang meninggalkan (kehidupan) dunianya untuk keperluan akhiratnya dan meninggalkan amal akhirat untuk( keperluan hidup) dunianya, sehingga dia memperoleh keduanya sekaligus. sesungguhnya kehidupan dunia itu merupakan pengantar atau penyampai kepada kehidupan akhirat. Janganlah kamu menjadi beban bagi orang lain". (H.R. Ibnu Asakir)

Hadits di atas menjelaskan Rasulullah saw menyuruh kepada kita untuk berusaha dan bekerja secara seimbang antara kepentingan dunia dan akhirat. Manusia hidup di dunia bagaikan meniti jembatan menuju kehidupan akhirat. Barang siapa yang tidak dapat meniti jembatan, dia tidak akan sampai ke tujuan.
Nabi Muhammad saw. memperingatkan kepada kita agar tiddak menyusahkan orang lain dan menjadi beban orang lain. tidak termasuk muslim yang baik yang dalam kehidupannya terus menerus mengejar kehidupan dunia, namun melupakan akhirat. begitu pula sebaliknya, tidak baik orang terus menerus beramal untuk kehidupan akhirat, sedang kehidupan dunia yang sedang di laluinya, ia tinggalkan begitu saja. Muslim yang baik adalah yang seimbang dalam menjalani kehidupan dunia dan akhirat.
untuk itu kita sebagai orang muslim mesti melakukan hal-hal sebagai berikut:
1. tanamkan keyakinan dari sekarang untuk mengejar kebahagiaan di dunia dan akhirat.
2. Giatlah bekerja dalam urusan dunia dan jangan melupakan kehidupan akhirat. seperti kita sibuk dengan belajar, mencari uang atau bekerja, tiba-tiba azan memanggil untuk melaksanakan solat magrib, maka bergegaslah untuk melaksanakannya.
3. Ubahlah cara pandang terhadap dunia mulai dari sekarang, yaitu memandang kehidupan dunia sebagai alat atau sarana untuk mencapai kebahagiaan dan keselamatan di negeri akhirat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar